Selalu Dianggap Buruk, Berikut Manfaat Melamun

Selalu Dianggap Buruk, Berikut Manfaat Melamun

Pic Source: Halodoc

Singasari - Sebagian orang menganggap bahwa melamun merupakan kebiasaan yang buruk. Justru melamun tak selamanya buruk,lho.

Bahkan salah satu mitos yang sudah bereda sejaklama adalah terkait larangan melamunsupayar tidak ‘kesambet setan’ alias kerasukan Jin. Meskipun saat ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, mitos ini pun cukup berkembang di kalangan masyarakat Indonesia.

Namun, ternyata kebiasaan melamun justru memiliki manfaat nya loh! Ya, melamun ternyata dapat dipercaya dan bermanfaat untuk kesehatan mental. Berikut ini ulasannya, sebagaimana yang dikutip dari Verywellmind.

Berdasarkan dari data kesehatan yang telah dipublikasikan oleh Walden University, menyebutkan bahwa melamun sudah terbukti bermanfaat mengurangi stres dan kecemasan yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Memperluas kreativitas

Melamun ternyata memiliki hubungan dengan tingkat kreativitas seseorang. Pasalnya, dengan melamun Anda akan terus menelusuri masalah yang kompleks.

Biasanya dari lamunan justru bisa menimbulkan muncul ide-ide baru, tepatnya ketika Anda tidak terlalu fokus kepada masalah.

Pikiran yang tak tentu arah saat melamun terkadang justru dapat memicu motivasi seseorang untuk menentukan masa depannya.

Namun, tidak semua lamunan bisa membantu mencapai tujuan. Kalau lamunan yang tidak terstruktur namun cenderung ke fantasi, justru malah bisa membuat Anda semakin jauh dari realitas.

Lamunan yang membantu mencapai tujuan adalah lamunan terstruktur. Tepatnya ketika Anda melamunkan apa-apa yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan atau goal dalam kehidupan.

Membayangkan atau melamun tentang salah satu tujuan kehidupan akan memicu Anda untuk memikirkan langkah-langkah yang akan diambil, cara untuk tetap termotivasi, dan cara mengatasi rintangan.

Membuat relaksasi pikiran

Lewat melamun, Anda bisa sejenak mengabaikan huru-hara dunia luar dan membiarkan pikiran mengalir dengan bebas. Hal ini dapat mendorong relaksasi mental dan eksplorasi. Ketika pikiran mengalir seperti ini, Anda akan berada dalam kondisi yang disebut gelombang alfa.

Ketika berada di zona alfa, Anda akan merasa tenang dan tidak memikirkan apapun. Istirahat dengan melamun tidak hanya menyenangkan tetapi juga diperlukan.

Membantu memecahkan masalah

Melamun juga dinilai dapat membantu seseorang memecahkan masalah dengan membiarkan pikiran mengembara yang dapat merevitalisasi diri. Setelah melamun, Anda dapat kembali ke akar permasalahan dengan pikiran lebih segar.

Selain memiliki perspektif yang segar, melamun tampaknya bekerja lebih baik ketimbang mencoba memaksakan solusi. Pengembaraan pikiran itu penting dan baik untuk kesehatan mental karena merupakan proses kognitif yang juga akan membantumu melahirkan ide-ide baru.

 

0 Komentar